Blog PAC IPNU IPPNU Gajah

ucapan

SELAMAT DATANG DI WEB BLOG PAC IPNU IPPNU GAJAH #PACGAJAHASYIK #GAJAHKEREN #GAJAHBESAR -BELAJAR, BERJUANG, BERTAQWA

Rabu, 31 Juli 2019

SEJARAH LAHIRNYA PAC IPNU IPPNU GAJAH DEMAK



Embrio kelahiran PAC IPNU IPPNU GAJAH Dimulai tahun 1990-an dengan ketua IPNU Rekan Ali Rahmadin serta ketua IPPNU rekanita Siti Khalimah namun hanya bertahan sampai tahun 1999. Kembali Aktif pada tahun 2004 setelah mengalami kevakuman kurang lebih 4tahun. Kembalinya aktif PAC IPNU IPPNU Gajah ditandai dengan terpilihnya Rekan Agus Mudhif.  Perjalanan tersebut hanya bertahan 3tahun,dan kembali mengalami kevakuman.
 Hingga berlanjut tahun 2012 terpilih Rekan Nafis Hilmi Anahari dan Rekanita Zulfa inayati . kemudian
mengalami kevakuman satu tahun ditahun 2014. Kembali diaktifkan dengan diselenggarakan nya KONFERANCAB PAC IPNU IPPNU GAJAH di Gedung Haji Kecamatan Gajah pada 22 April 2015 terpilih Rekan Mustaqim sebagai ketua IPNU dan Rekanita Kusmiyati Luluk  sebagai ketua IPPNU.
Sejak saat itulah PAC IPNU IPPNU Gajah mulai memperbaiki internal organisasi. Dengan melibatkan 2 komisariat dalam pembentukan struktur kepengurusannya. Komisariat tersebut adalah Komisariat MA Nurul Huda Medini dan MA Al Irsyad Gajah. Setelah terbentuk kepengurusan dimulailah menjalankan program kerja secara continue .Program kerja pertama yang dilaksanakan  oleh PAC IPNU IPPNU Gajah adalah menyelenggarakan MAKESTA ( Masa Kesetiaan Anggota ) sebagai pendidikan kaderisasi jenjang awal di IPNU IPPNU.
Pasca MAKESTA Salah satu program kerja paling utama yang menjadi PR dari PAC IPNU IPPNU Periode ini adalah pembentukan Pimpinan Ranting di Desa Se-Kecamatan Gajah. Salah satu cara dari pengurus untuk menarik minat kalangan pelajar untuk mengikuti IPNU IPPNU dengan cara menjalankan program kerja dengan penempatan acara / event di Desa yang menjadi tujuan dibentuknya IPNU IPPNU.
Dengan banyaknya gebrakan- gebrakan dalam membuat acara akhirnya Ranting-ranting mulai terbentuk. Diawali dengan pelantikan serentak 5 ranting IPNU IPPNU ( Kedondong, Tlogopandogan, Boyolali, Gedangalas, Surodadi ).
Diakhir Priode kepemimpinan Rekan Mustaqim dan Rekanita Luluk kembali membuat event perdana di Kecamatan Gajah yang diberi nama ORSEPNU ( Olahraga dan Seni Pelajar Nahdlatul Ulama’ )  sebagai ajang lomba dalam memeriahkan rangkaian acara KONFERANCAB.
Estafet kepemimpinan dilanjutkan Rekan Muhibatul Ihsan ( IPNU) dan Rekanita Siska Setyawardani ( IPPNU ) Masa Khidmah 2017 – 2019. Gebrakan – gebrakan program kerja kurang lebih hampir sama dengan priode sebelumya. Salah satu PR utama melanjutkan pembentukan dan pengaktifan Ranting Periode sebelumnya. Di periode ini nama Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar  Nahdlatul Ulama’ ( IPNU ) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ ( IPPNU ) Kecamatan Gajah semakin tersohor di Kabupaten Demak.
Hal tersebut dibuktikan dengan salah satu komisariat ( MA Nurul Huda Medini )di Kecamatan Gajah mendapatkan penghargaan sebagai Komisariat percontohan di Kabupaten Demak pada tahun 2017. Tidak terhenti sampai disitu, PAC IPNU IPPNU Gajah menjadi tuan rumah  “ Pelajar dan Santri Demak Bersholawat ” yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ ( IPNU ) Kabupaten Demak dengan pengisi acara taraf nasional ( Azzahir & Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf dari Pekalongan ).
Akhir tahun 2018 PAC IPNU IPPNU Gajah kembali menyelenggarakan acara “ Malam Cinta Rosul “ sekelas Pimpinan Cabang Demakyang bekerjasama dengan  Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Kedondong .


Penulis : M. Choirul Anwar dan Chomisatun Lilik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar