Blog PAC IPNU IPPNU Gajah

ucapan

SELAMAT DATANG DI WEB BLOG PAC IPNU IPPNU GAJAH #PACGAJAHASYIK #GAJAHKEREN #GAJAHBESAR -BELAJAR, BERJUANG, BERTAQWA

Rabu, 06 Februari 2019

ILMU PEMILU UNTUK PEMULA



Berbagi ilmu dan sosialisasi tentang pemilihan umum (pemilu) bagian menjadi kegiatan rutin bagi masyarakat Indonesia khususnya penyelenggara pemilu di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk di wilayah kabupaten Demak yang saya tempati semua penyelenggara pemilu baik tingkat kabupaten sampai desa selalu sosialisasi hampir tiap tahun khususnya ketika ada agenda pemilihan umum baik pemilihan bupati sampai pemilihan presiden.
Ditahun 2019 ini bertepatan dengan pemilu serentak di Indonesia yang meliputi pemilihan DPRD Kab., DPD, DPRD Prov., DPR RI dan Presiden. Ini menjadi tugas penyelenggara pemilu. Di Demak penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten atau Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak gencar mensosialisasikan untuk mensukseskan pemilu. Untuk mensukseskan agenda besar di Indonesia, KPU Demak membentuk relawan demokrasi (relasi) 2019.
Alhamdulilla, saya bagian dri relasi untuk berkontribusi mensukseskan pemilu serentak 2019. Setiap relasi sudah mempuyai tugas-tugas sosialisasi di wilayah Demak baik yang sosialisasi kategori wajib dan sunah. Kalau wajib saya sosialisasi ke basis disabilitas, tapi sosialisasi yang sunah untuk semua basis terdekat dan diwilayah Demak.
 
Kali ini saya menjalankan yang sunah, saya masuk ke sebuah forum organisasi pelajar yaitu Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kecamatan Gajah untuk sosialisasi. Sebelum masuk pastinya saya sudah komunikasi dengan ketua, kebetulan saya juga pengurus di PAC. Saya memanfaatkan momen penting ini karena dalam forum rapat koordinasi PAC dengan Ketua IPNU IPPNU se Kecamatan Gajah yang ada di ranting (Desa) dan komisariat (Sekolah) yang dilaksanankan di aula MA Nurul Huda hari Selasa, 5 Februari 2019 yang bertepatan libur hari Imlek.
Sosialisasi saya lakukan di sela-sela rangkaian acara yang sudah tersusun. Sasaran saya kali ini memang pelajar khususnya pemilih pemula yang memang perlu di beri ilmu yang lebih karena mereka belum pernah ikut memberikan hak suaranya saat pemilu. Sekalipun di sekolah masing-masing sudah ada latihan contohnya memilih ketua OSIS atau di IPNU IPPNU memilih Ketua Komisariat, tapi mereka masih perlu diberi ilmu lebih tentang pemilu yang nantinya bermanfaat untuk pelajar dan disosialisasikan lagi kemasyarakat minimal keluarganya.


Penulis : M. Choirul Anwar





Tidak ada komentar:

Posting Komentar